Bakti Sosial “Berbagi Harapan dan Kasih.”

Bakti Sosial “Berbagi Harapan dan Kasih.”

Sabtu, 18 April 2015 – PRMK FSM mengadakan Bakti Sosial yang bertempat di SOS Children’s Village Banyumanik, Semarang. Tema yang diangkat dalam kegiatan Bakti Sosial ini adalah “Berbagi Harapan dan Kasih”. Kegiatan Bakti Sosial ini sekaligus untuk merayakan Paskah bersama. Sekitar pukul 15.15 WIB semua panitia Baksos serta anggota PRMK FSM UNDIP sudah datang dan berkumpul di Gedung Serba Guna Tembalang, kemudian kami berangkat dengan kendaraan pribadi. Kami tiba di Panti Asuhan SOS Children’s Village Desa Taruna Jl. Durian Km.1 Banyumanik sekitar pukul 15.30 WIB. Kedatangan kami langsung disambut hangat oleh pihak Panti Asuhan tersebut. Sekitar 61 anak dari Panti Asuhan SOS Children’s Village yang terdiri dari anak balita, TK dan SD.

web-baksos15-1

Kegiatan Bakti Sosial dimulai pukul 16.00 dengan menyanyikan lagu “Selamat Datang” di lanjutkan dengan lagu “Train of Love”, perkenalan dan pembagian kelompok untuk Games Mencari Telur paskah yang dipimpin oleh 3 Master of Ceremony. Setiap kelompok terdiri atas kurang lebih 10 anak dengan 1-2 pendamping dari PRMK FSM Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan games Mencari Telur Paskah disekitar halaman Panti Asuhan SOS Children’s Village. Anak-anak menyambut antusias dari games ini. Tujuan dari games ini adalah untuk saling mengakrabkan antara Anak-anak SOS Children’s Village dengan anggota PRMK FSM, melatih strategi dan kerja sama dalam kelompok, serta melatih kepekaan dengan lingkungan sekitar. Mereka saling berebut untuk mendapatkan Telur Paskah yang telah disembunyikan panitia, dan satu demi satu Telur Paskah ditemukan. Kecerian, kesenangan, rasa antusias terlukis di wajah mereka. Mereka tetap antusias untuk mencari telur paskah meskipun durasi waktu games telah berlalu. Games selanjutnya adalah Lomba Mewarnai Telur Paskah. Tujuan dari games ini adalah untuk melatih kreativitas dari anak-anak. Games kali ini mereka dilatih untuk lebih menuangkan ide kreatif dengan media berupa telur dan pensil warna. Satu demi satu goresan pensil warna telah terlihat, sederhana namun penuh makna. Apresiasi diberikan kepada 3 kelompok dengan hasil karya terbaik.

Hari semakin larut, namun kecerian, tingkah laku, antusias dan senyuman mereka memberikan energi semangat tersendiri untuk melanjutkan kegiatan ini. Kegiatan bakti sosial dilanjutkan dengan acara sekolah minggu, dengan pembicara Theresia Titi Indah Lestari. Acara sekolah minggu diawali dengan nonton film pendek bersama dengan judul “Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang”. Film ini mengingatkan kita akan indahnya berbagi dan saling mengasihi, sesuai dengan tema yang di angkat dalam kegiatan bakti sosial. Berbagi dan saling mengasihi dapat ditunjukkan kepada siapapun baik teman, musuh, tetangga, orang kaya, orang miskin, dan lain-lain tanpa saling membeda-bedakan. Pesan penutup yang disampaikan pembicara dalam acara sekolah minggu yaitu “ Jangan khawatir soal hidup kita, karena ada Tuhan yang selalu setia menyertai”. Acara sekolah minggu ditutup dengan menyanyikan lagu pujian dan berdoa bersama. Melalui acara sekolah minggu ini kita disadarkan bahwa kita dituntut untuk lebih peduli dan peka terhadap sesama tanpa saling membeda-bedakan, seperti yang telah diajarkan Yesus sendiri untuk saling berbagi harapan dan kasih.

Hari tidak terasa telah mulai gelap. Teriakan dan keributan anak-anak yang mulai lapar terdengar satu demi satu. Kegiatan bakti sosial kemudian dilanjutkan dengan pentas seni dari PRMK berupa acoustic dengan lagu yang berjudul “Karena cinta” dan “Laskar Pelangi” serta dilanjutkan persembahan lagu dari anak Panti Asuhan SOS Children’s Village. Persembahan pensi diakhiri dengan tepuk tangan meriah dari seluruh peserta bakti sosial. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana Bakti Sosial PRMK FSM 2015 -Mia Tri Wardani-, perwakilan dari pihak Panti Asuhan SOS Children’s Village, penyerahan sembako secara simbolis oleh ketua panitia Bakti Sosial PRMK FSM dengan perwakilan dari pihak panti asuhan serta pembagian hadiah games kepada pemenang Lomba Mewarnai Telur Paskah. Kegiatan tidak terasa telah memasuki tahap akhir acara, dan acara yang ditunggu adalah makan malam bersama. Setelah selesai makan malam acara dilanjutkan dengan foto bersama untuk mengabadikan momen kebersamaan antara anak-anak SOS Children’s Village dengan anggota PRMK FSM.

Pesan yang dapat diambil melalui kegiatan bakti sosial 2015 yaitu kebahagiaan itu tidak dapat dibeli dengan apapun harta, uang, benda dan sejenisnya. Kebahagiaan itu sederhana dengan melihat senyuman dan kebahagiaan dari orang-orang disekitar kita. Melalui Berbagi Harapan dan Kasih, kebahagiaan itu ada.
(Mia Tri Wardhani)

Leave a Reply